PENGERTIAN, MANFAAT, DAN APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
1)
PENGERTIAN
GRAFIKA KOMPUTER
2) Manfaat dan aplikasi grafika
komputer dalam kehidupan
dapat dijelaskan bahwa objek yang menjadi masukan atau
input untuk grafika komputer adalah deskripsi misalkan buatlah kursi, buatlah
meja dan sebaginya, dan objek yang menjadi keluaran atau output dari grafika
komputer adalah gambar atau citra dijital sesuai dengan deskripsi masukan. Hal
yang sama dapat disimpulkan untuk ketiga bidang ilmu terkait lainnya.
Aplikasi-aplikasi Grafika Komputer
User Interface.
Penggunakan grafika komputer sebagai antar muka
komputer pada sistemoperasi dan aplikasi modern dewasa ini, misalnya Windows
dan Visual Studio.
Membuat Presentasi.
Digunakan untuk membuat diagram-diagram. Office
Automation Penggunakan grafis pada aplikasi otomasi perkantoran seperti Office
sudah menjadi trend aplikasi modern dengan konsep point and click.
Percetakan Digital
Penggunaan untuk percetakan, pembuatan brosur,
billboard dijital, buku dan sebagainya.
CAD/CAM (Computer-Aided Design/Computer-Aided
Manufacturing).
Aplikasi pada bidang teknik, misalnya untuk pembuatan
rancang bangun rumah, kendaraan dan alatalat suku cadang.
Seni dan Komersil.
Aplikasi
grafika komputer pada bidang seni dan komersil, misalnya lukisan dijital,
promosi barang-barang yang dijual secara online yang dilengkapi dengan gambar
Pengontrolan Proses.
Aplikasi
visualisasi data dengan menghubungkan alat dengan komputer melalui saluran USB
atau RS-232. Digunakan untuk memonitor lokasi, webcam dan pengawasan dan
sebagainya.
Komponen
Dasar Sistem Grafik Interaktif
·
Inputan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force
feedback, scanner, live video stream, dll
·
Proses dan Penyimpanan
·
Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam
video, non-linear editor, dll.
Kegiatan
yang Terkait dengan Grafik Komputer
·
Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari
objek-objek 2D dan 3D.
·
Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari
model yang telah dibentuk.
·
Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah
laku/behavior objek bergantung waktu
Kerangka
Grafik Komputer Interaktif
·
Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah
perantara aplikasidandisplay hardware (GraphicsSystem)
·
Application program memetakan objek aplikasi ke
tampilan/citra dengan memanggil graphics library
·
Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi
citra
·
Citra merupakan hasil akhir dari sintesa,
desain,manufaktur, visualisasi dll.
Pemodelan
Geometris
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara
pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric
Properties / Ciri-ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya),
Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.
Dasar Matematika
yang Diperlukan dalam Grafika Komputer
Geometry (2D, 3D) : Trigonometry,
Vector spaces
Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products
Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products
Elemen-elemen
Pembentuk Grafik
·
Geometri
·
Pemrosesan Citra untukDitampilkan di Layar
·
Hardware Display Grafik :Vektor dan Raster
·
Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
·
Raster (bitmap, pixmap), digunakandalam layar dan
laser printer
Tools Pendukung Pemodelan Grafik Komputer :
Aplikasi
Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk
keperluan pembuatan pamflet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang
sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil
dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini
adalah:
Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe
PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
Aplikasi
Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat
gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program.
Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa
garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe Illustrator, Beneba Canvas,
CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Micrografx Designer,
Inkscape.
Aplikasi
Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok
ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo
retouching). Objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai
kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu,
misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang
memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk
dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap
sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis,
setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan
dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini
adalah:
Adobe Photoshop, Corel Photo Paint,
Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx
Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga
studio, Gimp dan Pos Free Photo Editor.
Aplikasi
Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah
film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks
terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian
efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan
lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam
kategori ini adalah:
Adobe
After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier,
Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition
dan Camtasia Studio.
Aplikasi
Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok
ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia
berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam
bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi,
teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang
disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini
adalah:
Macromedia, Macromedia Authorware,
Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio
dan Ovation Studio Pro.
Pengolah
3 dimensi
Contohnya : Xara 3D, 3Ds Max,
Houdini, Lightware, Blender, Pixar, Maya, Poser, AutoCad dan Zmodele.
3) Terdapat pembahasan mengenai animasi grafis
DEFINISI ANIMASI
Terdapat unsur animasi di dalam motion graphic.
Animasi berasal dari bahasa latin, Anima yang berarti memberi nyawa, hidup,
jiwa dan semangat. Animasi sendiri memiliki arti sebagai seni memanipulasi
gambar menjadi seolah-olah hidup dan bergerak. Animasi juga merupakan sekupulan
beberapa gambar yang dirangkai, dengan pergerakan yang cepat dan berkelanjutan
atau terus-menerus memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya.
Penjelasan animasi sebagai dasar sebuah seni dalam
mempelajari gerakan suatu objek, dan gerakan merupakan sesuatu hal yang paling
diutamakan agar suatu objek atau karakter dapat terlihat nyata. Gerakan
memiliki hubungan yang erat dalam pengaturan waktu dalam animasi (Maestri &
Adindha, 2006).
Menurut Vaughan (2004), animasi adalah usaha untuk
membuat presentasi statis menjadi hidup. Animasi merupakan sebuah perubahan
visual sepanjang waktu yang memberi kekuatan besar terhadap proyek multimedia
dan halaman web yang dibuat. Di dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan
dari komputer untuk menciptakan gerakan pada layar. Kesimpulan dari pengertian
animasi yang sudah ada bahwa, animasi mewujudkan suatu teknik untuk menciptakan
sebuah karya audio dan visual yang berdasarkan pada pengaturan waktu dan
gambar.
DEFINISI
DARI PIXEL, RESOLUSI, GARIS, KURVA & HUE
1. Pixel
Pixel adalah elemen gambar atau representasi dari
titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci.
Pixel sendiri berasal dari singkatan bahasa Inggris
Picture Element yang disingkat menjadi pixel. Dalam resolusi skala akhir
tertinggi, gambar mesin cetak warna dapat menghasilkan cetakan yang memiliki
lebih dari 2.500 titik per inci dengan pilihan 16 juta
warna untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti bidang gambar dari satu
inci persegi yang bisa ditampilkan pada resolusi setara dengan 150 juta bit
informasi.
Monitor atau layar datar yang sering kita jumpai
terdiri dari ribuan piksel yang terbagi dalam baris dan kolom. Jumlah piksel
yang terdapat dalam monitor kita dapat menemukan resolusi. Resolusi maksimum
yang disediakan oleh monitor adalah 1024×768, maka jumlah piksel yang terdapat
dalam layar monitor adalah 786 432 piksel. Semakin tinggi jumlah piksel yang
tersedia di monitor, semakin tajam gambar yang dapat ditampilkan oleh monitor.
2. Resolusi
Resolusi adalah
kerapatan pixel dalam sebuah gambar. Resolusi gambar diukur berdasarkan
kerapatan pixel dalam 1 inch (pixels per inch / ppi atau dots per inch / dpi).
Resolusi 1 ppi berarti ada satu inch persegi, begitu juga resolusi 300 ppi
brarti ada 300 pixel per satu inch persegi. Intinya semakin besar resolusi
sebuah gambar maka makin banyak sebuah pixel dalam gambar dan tampilan gambar
akan semakin detail. Dpi digunakan untuk menunjukkan jumlah pixel per inch
dalam sebuah gambar digital. nah setelah ini kalian pasti tahu, kenapa file
yang berisi gambar-gambar atau image dengan resolusi tinggi mempunyai ukuran
yang besar juga, karena pixel yang terkandung di dalamnya juga semakin rapat
dan banyak.
3. Garis
Garis juga
dikenal sebagai goresan atau coretan dan batas limit dalam suatu warna atau
bidang. Garis memiliki ketebalan dan panjang, namun tidak memiliki kedalaman,
dan garis juga dapat dimaknai sebagai jejak dari suatu benda.
4. Kurva
Kurva atau
disebut juga dengan lekungan adalah bentuk geometri satu dimensi yang dapat
terletak pada bidang atau ruang. Bentuk-bentuk geometris sebuah bidang dapat
berupa persegi, segitiga, lingkaran, setengah lingkaran, elips, dan lain-lain.
Kesan formal dimiliki oleh bidang geometris, sedangkan kesan yang tidak formal,
santai dan dinamis dimiliki oleh bidang non-geometris.
5. Hue /
Saturation
Dalam desain
grafis, perbedaan nilai gelap dan terang disebut value. Fungsi dari value salah
satunya juga dapat menonjolkan sebuah pesan atau informasi, dan juga dapat
menciptakan tingkat kemudahan membaca dengan menyusun unsur visual secara
kontras gelap dan terang.
Contoh tools
yang digunakan serta kekurangan dan kelebihan tools
1. Adobe Illustrator
![]() |
Kelebihan:
·
Bentuk dan resolusi masih tetap terjaga walaupun
ukuran diubah-ubah
·
Hasil gambar vector bisa dicetak dengan resolusi yang
tinggi
·
Ruang penyimpanan untuk objek gambar yang efisien
·
Adobe Illustrator bersifat user friendly, yaitu sangat
memudahkan user dalam menggunakan dan mengakses beragam fitur yang ada,
terutama dengan sistem pengelompokan fasilitas melalui fasilitas menu, toolbox,
palette dan sebagainya
·
Adobe Illustrator mampu menangani beragam desain dari
yang sifatnya sederhana hingga amat kompleks, serta mampu mengekspor hasil
akhir sebuah desain ke dalam berbagai format sesuai kebutuhan Anda dengan
kualitas yang bisa diand`lkan
·
Adobe Illustrator sangat kompatibel dengan beragam software
lainnya untuk berbagai kepentingan akhir, seperti kepentingan cetak, desktop
publishing, web publishing dan lain-lain.
Kekurangan:
·
Gambar cenderung terlihat flat/datar dan mempunyai
warna kartun yang kental
·
Susah untuk menghasilkan gambar yang realistis/ mirip
photo
2.
COREL DRAW
Corel Draw adalah sebuah
program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat
oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat
di Ottawa, Kanada. Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:
di Ottawa, Kanada. Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:
·
Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini
adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya,
terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis
dan warna.
·
Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga
menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya
juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki
banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi
desain dan tulisan yang akan dibuat.
·
Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw.
Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat
memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel
Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
·
Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan
Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika
berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat
akurat.
Keunggulan:
·
Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis
vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah
dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
·
Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang
ada di dalamnya lebih bersifat freehand sehingga sangat mudah dipahami oleh
penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
·
Corel Draw sangat baik untuk mengkolaborasikan antara
tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Photoshop.
·
Gambar yang dihasilkan oleh CorelDraw tidak akan pecah
apabila diperbesar.
·
Seleksi layer dalam CorelDraw sangat mudah, sehingga
dapat mengedit beberapa layer sekaligus.
·
Ukuran file yang kecil, meskipun gambar dalam file
berukuran besar.
·
Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya
komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak
kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak
ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.
Kekurangan
yang sering muncul:
·
memakan memori dan resource lain yang sangat besar
apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC
yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan
dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’.
·
besar file yang dibuat membengkak
·
warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan
tampilan layar) pada beberapa jenis printer
·
Terbatasnya gradasi yang dihasilkan antara warna yang
satu dengan warna lainnya.
·
Efek-efek dan variasi yang terbatas di CorelDraw.
·
Tidak tepat bila digunakan untuk merekayasa foto.
·
Dukungan SaveAs di CorelDraw yang terbatas
·
dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat
table dalam MS Word. Yaitu dengan cara yang sangat manual
·
apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap
kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat
objek text dan photo.
Daftar Pustaka :
Komentar
Posting Komentar